UMSurabaya Buka Pendaftaran Kuliah dengan Nilai UTBK, Simak Persyaratannya

Rabu, 21 Juni 2023 – 12:30 WIB
UMSurabaya Buka Pendaftaran Kuliah dengan Nilai UTBK, Simak Persyaratannya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi Mahasiswa UMSurabaya. Foto: Humas UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 resmi diumumkan pada Selasa (20/6).

Nah, bagi pendaftar yang dinyatakan tidak lolos tak perlu khawatir. UMSurabaya memberikan kesempatan untuk menggunakan nilai UTBK sebagai syarat masuk.

Wakil Rektor III UMSurabaya Bidang Kemahasiswaan dan SDM Ma'ruf Sya'ban mengatakan kebijakan ujian masuk menggunakan nilai UTBK sudah berjalan sejak lima tahun terakhir.

Hal tersebut dilakukan untuk memberi kemudahan para pendaftar dalam proses pendaftaran kuliah.

"Tes UTBK sangat akurat dan kredibel sehingga layak untuk mengukur kemampuan awal calon mahasiswa. Ada sekitar 29 jurusan di UMSurabaya yang bisa diakses melalui jalur UTBK," ujar Ma'ruf tertulis, Rabu (21/6)

Namun, seleksi masuk jalur UTBK tak bisa digunakan untuk dua fakultas di UMSurabaya, yakni Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Radius Setiyawan menjelaskan secara detail ketentuan jalur UTBK.

Adapun teknis atau alur pendaftarannya tak jauh berbeda dengan jalur reguler, yang membedakan hanya pendaftar jalur UTBK dibebaskan dari ujian tulis, jika skor UTBK-nya sesuai dengan standar yang ditentukan.

UMSurabaya membuka pendaftaran kuliah menggunakan nilai UTBK. Namun untuk FK dan FKG tidak berlaku.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News