Viral Caleg Rela Jual Ginjal Buat Kampanye, Dosen UMSurabaya Singgung Sisi Kesehatan

Sabtu, 20 Januari 2024 – 16:43 WIB
Viral Caleg Rela Jual Ginjal Buat Kampanye, Dosen UMSurabaya Singgung Sisi Kesehatan - JPNN.com Jatim
Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMSurabaya Firman. Foto: Humas UMSurabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Media sosial dihebohkan viralnya caleg di Kabupaten Bondowoso yang rela mendonorkan salah satu ginjalnya untuk modal berkampanye.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMSurabaya Firman merespons hal tersebut dari sisi kesehatan. Dirinya menilai perbuatan itu miris.

Menurutnya, donor ginjal tanpa indikasi medis sangat berbahaya karena dampaknya bukan soal masalah kesehatan saja.

“Beban ekonomi keluarga yang tidak murah karena hidup dengan satu ginjal juga berisiko buat kesehatannya,” kata Firman tertulis, Sabtu (20/1).

Dia menjelaskan ginjal memiliki tanggung jawab besar dan sangat vital bagi tubuh. Beberapa fungsinya membuang racun atau sampah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui urine.

Selain itu, menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dan tekanan darah agar tetap dalam rentan normal. 

Umumnya setiap orang punya dua buah ginjal, agar  bisa bekerja maksimal untuk menyaring dan membuang zat-zat sisa melalui urine.

“Ketika seseorang hanya memiliki satu ginjal karena rusak atau donor maka beban ginjal menjadi lebih berat sehingga risiko mengalami kerusakan ginjal juga lebih besar,” ujarnya.

Dosen FIK UMSurabaya singgung kesehatan terkait seseorang yang hanya memiliki satu ginjal.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News