Kisah Fatkur Roji, Atlet Panjat Tebing dengan 87 Medali Emas Jadi Sarjana UMSurabaya

Sabtu, 03 Juni 2023 – 18:08 WIB
Kisah Fatkur Roji, Atlet Panjat Tebing dengan 87 Medali Emas Jadi Sarjana UMSurabaya  - JPNN.com Jatim
Fathur Roji (tengah) atlet panjat tebing bersama istri dan orang tuanya saat momen wisuda di UMSurabaya, Sabtu (3/6). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) Fatchur Roji yang merupakan atlet panjang tebing dengan segudang prestasi akhirnya menyelesaikan studi dan wisuda.

Wisudawan berusia 26 tahun tersebut menjadi kebanggan bagi Jawa Timur atas raihan 87 medali emas sejak 2007 ketika dia duduk di bangku SD.

Pemuda yang kerap disapa Roji itu merupakan mahasiswa penerima beasiswa atlet UMSurabaya yang mengambil Prodi Manajemen. Dia menekuni olahraga panjat tebing sejak berusia sebelas tahun.

"Sewaktu kecil saya tidak punya cita-cita menjadi seorang atlet, hanya suka saja dengan panjat tebing dan menyukai ketinggian. Ternyata itu memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan saya sekarang," ujar Roji.

Kecakapan Roji di bidang panjat tebing makin gemilang saat masuk SMP dengan giat berlatih di lapangan KONI.

Saat itu, dia memiliki semangat tinggi lantaran pindah dari angkot satu ke angkot lain untuk bisa tiba di tempat latihan. Hal tersebut dilakukan olehnya selama enam tahun.

"Saya delapan bersaudara, pekerjaan orang tua wiraswasta. Untuk mendapatkan sesuatu yang saya inginkan tidak bisa dengan mudah. Jadi, harus bekerja keras. Saya memilih angkot karena harganya murah dan bisa dijangkau anak sekolah," katanya.

Selama 2015 hingga 2022, Roji meraih berbagai juara perlombaan panjat tebing hingga mengumpulkan sebanyak 87 medali emas.

Lulusan UMSurabaya menceritakan kisahnya menjadi atlet panjat tebing hingga bisa menjadi sarjana.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News