Jatim Terbanyak Siswa Lolos PTN SNBP, Adhy: Pendidikan Dirasakan Semua Kalangan

Rabu, 27 Maret 2024 – 19:36 WIB
Jatim Terbanyak Siswa Lolos PTN SNBP, Adhy: Pendidikan Dirasakan Semua Kalangan - JPNN.com Jatim
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono. Foto: Yusron for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 24.423 siswa di Jawa Timur lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Hasil itu menjadikan Jatim sebagai provinsi peringkat pertama dengan jumlah terbanyak nasional untuk siswa masuk PTN melalui SNBP

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan jumlah itu meningkat dibandingkan tahun lalu dari 23.477 menjadi 24.423 atau naik 946 siswa. 

"Ada 100.981 pendaftar dari Jatim, di mana sebanyak 24.423 siswa yang lolos SNBP tersebar dalam penerimaan PTN Akademik dan PTN Vokasi," ujar Adhy.

Rinciannya sebanyak 20.237 siswa diterima di PTN Akademik dari 90.292 pendaftar dan 4.186 siswa diterima di PTN Vokasi dari 10.689 pendaftar.

Dengan begitu, selama lima tahun berturut-turut sejak 2020, Jatim berhasil mempertahankan predikat tersebut.

"Pencapaian ini mencerminkan dedikasi dari kalangan tenaga pendidik serta semangat belajar yang tinggi dari peserta seleksi untuk mengejar PTN impian mereka masing-masing," ujarnya.

Adhy memotivasi siswa yang belum lulus pada jalur tersebut. Dia meminta para siswa terus berjuang dan tidak putus asa karena masih ada jalur ujian tulis berbasis komputer seleksi nasional berbasis tes (UTBK-SNBT) yang persaingannya lebih ketat.

Jawa Timur menjadi provinsi peringkat pertama dengan jumlah terbanyak nasional untuk siswa masuk PTN melalui jalur SNBP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News