Begini Cara Deteksi Awal Gejala Penyakit Stroke Pada Tubuh Manusia

Minggu, 28 Mei 2023 – 09:04 WIB
Begini Cara Deteksi Awal Gejala Penyakit Stroke Pada Tubuh Manusia - JPNN.com Jatim
Dari kiri ke kanan: dr. Agus Chairul Anab, Prof Ahmad Faried, Dr. Farhad Balafif dan Dr Nur Setiawan Suroto. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penyakit stroke merupakan momok mengerikan bagi manusia. Berdasarkan data Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (Perspebsi) menyebut setiap tahun terdapat dua juta orang yang terjangkiti.

Dokter Spesialis Bedah Saraf Dokter Nur Setiawan Suroto menuturkan ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mendeteksi secara dini penyakit stroke. Teknik ini disebut sebagai FAST.

"Pertama adalah face atau muka. Masyarakat bisa melihat apakah mengalami perubahan atau tidak pada bagian muka," ujar Dokter Nur, Sabtu (27/5).

Setelah mengamati muka, tak ketinggalan juga di bagian perut perlu diperhatikan karena bisa jadi bentuknya tidak simetris.

"Berikutnya adalah Arm atau lengan. Pada seseorang yang terkena stroke, gerakan tangannya melemah. Serta gaya bicara, vokal penderita stroke akan berubah menjadi tiba-tiba pelat," jelasnya.

Apabila semua ciri-ciri tersebut sudah muncul maka segera dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Dari banyaknya kasus stroke yang ditanganinya, mayoritas pasien sudah lanjut usia.

Kendati demikian, dirinya menilai tidak menutup kemungkinan akan menyasar usia muda lantaran disebabkan oleh faktor gaya hidup.

"Mulai dari suka makan-makanan terlalu asin, minum kopi. Kurang istirahat, suka begadang, dan jarang berolahraga,” tuturnya. (mcr23/jpnn)

Dokter spesialis bedah saraf ungkap ciri-ciri gejala awal terkena stroke

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News