FKH Unair Bantu Tingkatkan Produktivitas Peternakan Kambing di Desa Cipatat

Senin, 15 Mei 2023 – 06:31 WIB
FKH Unair Bantu Tingkatkan Produktivitas Peternakan Kambing di Desa Cipatat - JPNN.com Jatim
Dosen FKH Unair saat membantu produktivitas peternakan kambing dan domba di Desa Cipatat, Bandung. Foto: Dok. FKH Unair

jatim.jpnn.com, BANDUNG - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) mengadakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) di Desa/Kecamatan Cipatat, Bandung selama 12-14 Mei 2023. Desa tersebut merupakan sentra peternakan kambing.

Wakil Dekan 2 FKH Unair Prof. Dr. Irwan mengatakan kawasan itu menjadi sumber pengembangan peternakan kambing dan domba sebagai sumber protein hewani. Namun, model beternaknya masih tradisional, hanya sebagai pekerjaan sampingan.

"Hal itu menyebabkan perkembangan dan pertambahan populasi ternak kambing dan domba di Cipatat terhambat dan belum menguntungkan peternak," ujar Prof. Iwan tertulis, Minggu (14/5).

Selain itu, para peternak juga masih memberikan pakan dan kondisi kandang seadanya. Hal tersebut mengakibatkan bau menyengat sehingga tak baik untuk kesehatan dan reproduksi ternak kambing dan domba di sana.

"Kalau suhu udara sangat mendukung untuk perkembangan dari ternak kambing dan domba. Namun, peternak belum punya pengetahuan memadai terkait bagaimana manajemen kandang dan pakan," katanya.

Peternak juga masih belum punya pengetahuan terkait kesehatan dan gangguan reproduksi pada ternak.

"Pengmas ini dimotori Guru Besar FKH Unair dalam bidang Embriologi sekaligus bertindak sebagai ketua proyek Prof Dr. Widjiati. Kami berkolaborasi dengan PT Pesona Satwa, Cipatat," jelasnya.

Dalam Pengmas tersebut terdapat 40 orang peternak kambing dan domba yang mendapatkan pelatihan dan penyuluhan.

FKH Unair membantu meningkatkan produktivitas serta reproduktivitas peternakan kambing dan domba di Desa Cipatat, Bandung.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News