Capres 2024 Sama Kuat, Cawapres Menentukan, Pakar Unair Jagokan Ridwan Kamil

Minggu, 07 Mei 2023 – 17:23 WIB
Capres 2024 Sama Kuat, Cawapres Menentukan, Pakar Unair Jagokan Ridwan Kamil - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) dinilai sebagai pasangan yang realistis untuk bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"RK memiliki beberapa kelebihan. Pertama, mantan Wali Kota Bandung itu punya pengaruh kuat di Jawa Barat dan Jakarta," kata Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo, Minggu (7/5).

Kedua, lanjutnya, Ridwan Kamil sangat populer di media sosial sehingga berpengaruh besar terhadap warganet. Ketiga, RK termasuk gubernur yang berhasil dalam tugas.

Dari tiga nama bacapres dengan elektabilitas tertinggi sejauh ini, Suko menyebutkan bahwa Ridwan Kamil paling realistis jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Menurutnya, itu karena Ganjar pengaruhnya besar di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Jawa Timur.

"Sementara Prabowo punya pengaruh merata meski basis kekuatannya terpencar-pencar. Jika dengan Anies Baswedan, relatif sama irisannya," ujarnya.

Khusus di Jawa Timur, meski belum memiliki basis massa yang besar, Suko menyebut RK masih punya peluang untuk masuk dan mendongkrak suara dari beberapa subkultur, baik Mataraman, Arek, Pendalungan, Madura, maupun Osing.

"Jika ingin mendongkrak maka bisa mengambil mesin Golkar yang jumlahnya relatif besar dan kalangan netizen," tutur Suko.

Ada sejumlah alasan yang membuat pakar Unair Suko Widodo menyebut Ridwan Kamil sebagai pasangan yang cocok bagi para capres 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News