Vaksinasi PMK Tahap 1 di Surabaya Telah Dimulai, Targetkan 600 Sapi

Sabtu, 25 Juni 2022 – 22:06 WIB
Vaksinasi PMK Tahap 1 di Surabaya Telah Dimulai, Targetkan 600 Sapi - JPNN.com Jatim
Hewan ternak di Surabaya mulai dapat vaksinasi PMK. Foto : Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, WONOCOLO - Sebanyak 100 ekor sapi di Kecamatan Wonocolo, Surabaya menerima suntikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap satu pada Sabtu (24/6).

Vaksinasi tersebut sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah wabah yang menyerang ternak, terutama sapi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan vaksinasi ini menyasar 600 ekor sapi perah dan potong yang tidak akan disembelih minimal satu tahun.

Jumlah tersebut sesuai dengan dosis vaksinasi yang diterima dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur pada 24 Juni 2022.

“Vaksinasi diberikan untuk ternak sapi, berdasarkan hasil pemeriksaan petugas medik/paramedik veteriner dalam kondisi sehat atau tidak menunjukkan gejala klinis PMK,” kata Antiek.

Vaksinasi PMK ini diberikan dalam tiga tahap, yaitu satu bulan setelah vaksinasi pertama dan vaksinasi booster enam bulan setelah vaksinasi kedua.

“Vaksin tersebut, boleh diberikan kepada anak sapi yang telah berusia minimal dua minggu,” ujarnya.

Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi PMK tahap satu ini mulai tanggal tanggal 24 Juni sampai 7 Juli 2022, di peternakan yang telah memenuhi beberapa persyaratan.

Sebanyak 100 ternak sapi di Kecamatan Wonocolo, Surabaya mendapatkan suntikan vaksin PMK.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News