Kantor Imigrasi Ciptakan Keterbukaan Informasi Publik di Era Modern

Selasa, 21 Juni 2022 – 16:57 WIB
Kantor Imigrasi Ciptakan Keterbukaan Informasi Publik di Era Modern - JPNN.com Jatim
Suasana acara Diseminasi Peran Strategis Kehumasan Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Era 4.0, Hotel Shangrila, Selasa (21/6). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menggelar acara Diseminasi Peran Strategis Kehumasan Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Era 4.0 di Hotel Shangrila, Selasa (21/6).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua PWI Jatim Luthfil Hakim dengan didampingi Machmud Suhermono Wakil Ketua Bidang Organisasi serta para perwakilan Unit Pelaksana Teknis.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Hendro Tri Prasetyo mengatakan acara itu bertujuan agar pemerintah kian baik dalam mengelola dan melayani masyarakat.

“Pelayanan publik dan keterbukaan informasi juga perlu didukung dengan adanya babak baru supaya bisa beradaptasi,” kata Hendro.

Menurutnya, dalam penyampaian informasi kepada publik, humas adalah barisan terdepan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu kelembagaan atau organisasi.

Dia pun menerangkan humas pemerintah mempunyai peran dalam membuka ruang bagi publik untuk mendapatkan akses informasi tentang kebijakan, aktivitas, dan langkah-langkah pemerintah secara terbuka, transparan, jujur, serta objektif.

"Informasi yang disampaikan kepada masyarakat, termasuk media bila tidak akurat, dapat menyebabkan kebijakan pemerintah dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tidak informatif, dan tak membumi," ucapnya.

Hendro menyebut pula humas menjembatani kepentingan instansi pemerintah. Di sisi lain, humas menampung aspirasi serta memperhatikan keinginan keinginan publiknya dan berperan menciptakan iklim yang kondusif.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya membeberkan pentingnya keterbukaan informasi publik di Era 4.0
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News