Wagub Emil Harapkan Uji Publik Beri Kemudahan Masyarakat Mengakses Informasi

Kamis, 03 November 2022 – 08:33 WIB
Wagub Emil Harapkan Uji Publik Beri Kemudahan Masyarakat Mengakses Informasi - JPNN.com Jatim
Wagub Jatim Emil Dardak saat menghadiri uji publik keterbukaan infiormasi di Jakarta. Foto: Kominfo Jatim.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak ingin uji publik keterbukaan informasi badan publik yang diadakan Komisi Informasi Pusat (KIP) RI ta k sekadar menghadirkan keterbukaan semata, tetapi kemudahan mengakses informasi.

"Jadi, semangatnya ada dua, keterbukaan dan kemudahan mengakses informasi bagi masyarakat. Tentu keduanya mengikuti bimbingan dari KIP," kata Emil seusai melakukan presentasi uji publik keterbukaan informasi di Jakarta, Selasa (1/11).

Emil mengatakan sejauh ini, Dinas Kominfo Jatim sudah melakukan banyak pembenahan dalam peningkatan kualitas pelayanan informasi publik. Adapun pembenahan itu melalui website Sistem Keterbukaan Informasi Publik Online (SIKIPO).

Website itu untuk memutakhirkan secara berkala Daftar Informasi Publik (DIP) seluruh informasi yang dikelola dan dimiliki badan publik.

“Aplikasi ini merekap daftar informasi publik yang tersedia sehingga masyarakat mudah mengakses dan mengunduh informasi yang terdapat pada website SIKIPO. Jadi, masyarakat tidak perlu menerka-nerka atau menebak karena ada list-nya, lalu update dan mengetahui OPD mana yang mensuplai," tuturnya.

Selanjutnya, ada aplikasi transportasi pengelolaan anggaran daerah. Pemprov jatim menyajikan dan mempublikasikan informasi transparansi pengelolaan daerah melalui website transportasi jatimprov.go.id.

Masyarakat bisa mengakses informasi terkait RKA, Raperda tentang APBD dan PAPBD, ringkasan DPA, laporan realisasi anggaran daerah yang ada di lingkup Pemprov Jatim.

"Jadi, dengan adanya transparansi anggaran berbasis teknologi meningkatkan akuntabilitas kita serta turut mendorong terwujudnya nawa bhakti Satya, Jatim Amanah," jelasnya.

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak ingin uji publik tak memberi keterbukaan informasi, tetapi kemudahan bagi masyarakat mengakses informasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News