Pondok Gontor Tegaskan Tak Berafiliasi dengan Partai Apa Pun, Kiai Hasan: Berputus Asalah!

Jumat, 29 April 2022 – 23:33 WIB
Pondok Gontor Tegaskan Tak Berafiliasi dengan Partai Apa Pun, Kiai Hasan: Berputus Asalah! - JPNN.com Jatim
Pimpinan Pondok Gontor KH Hasan Abdullah Sahal (tengah) membacakan deklarasi didampingi KH Akrim Mariyat (kanan) dan KH Amal Fathullah Zarkasyi (kiri). Foto: tangkapan layar video grup alumni Gontor

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menegaskan kembali sikap netral mereka menyusul kian dekatnya tahun politik.

Hal itu disampaikan melalui video deklarasi Pimpinan Pondok Modern Gontor yang tersebar melalui grup alumni sejak Kamis (28/4).

Deklarasi tersebut dibacakan KH Hasan Abdullah Sahal dan disaksikan oleh dua Pimpinan Pondok Gontor lainnya, KH Akrim Mariyat dan KH Amal Fathullah Zarkasyi.

"Dengan ini, kami Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor menegaskan kembali bahwa PMDG adalah lembaga pendidikan yang berdiri di atas dan untuk semua golongan, tidak berafiliasi dengan ormas maupun organisasi politik apa pun," kata Kiai Hasan.

Dia menerangkan prinsip tersebut merupakan amanah dari wakif atau orang yang mewakafkan pondok itu sehingga tidak boleh diselewengkan.

"Semua pihak yang hendak mengubah prinsip tersebut agar berputus asa," ujarnya.

Maka dari itu, lanjutnya, sia-sia memengaruhi keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor dengan cara apa pun.

"Penyimpangan dari deklarasi itu adalah pengkhianatan terhadap amanah wakif," tegas Kiai Hasan Abdullah Sahal. (mcr13/jpnn)

Pimpinan Pondok Modern Gontor menyampaikan deklarasi soal sikap mereka menyusul mendekatnya tahun politik.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News