Cerita Dibalik 3 Patung Di sekitar Tandon Air Balai Kota Malang, Konon Banyak Misteri

Jumat, 01 April 2022 – 14:42 WIB
Cerita Dibalik 3 Patung Di sekitar Tandon Air Balai Kota Malang, Konon Banyak Misteri - JPNN.com Jatim
Patung Hanoman, Patung Arjuna dan perempuannya yang terlatak di Taman Rekreasi Kota Malang yang tepat berada di belakang Balai Kota Pemerintahan Kota Malang. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot) tampak unik dan terasa hidup dengan adanya tiga patung di sekitarnya. Tempat itu berada di belakang Balai Kota setempat.

Rupanya ada makna dibalik patung-patung tersebut. Konon juga menyimpan banyak misteri.

Mantan Tim Ahli Cagar Budaya Agung Harjaya Buana menyebut dua patung yang ada di bawah adalah sosok Arjuna dan kekasihnya, sedangkan yang berada di atas adalah Hanoman.

Ketiga patung itu merepresentasikan wujud dan bentuk makhluk yang tidak kasat mata. Menurutnya, ada latar belakang yang bisa dikaitkan dengan alasan peletakan patung tersebut.

"Setiap sumber mata air ada penunggunya," ujar Agung, Jumat (1/4).

Awal mula proses penyedotan dengan kedalaman maksimal, sekitar puluhan meter tak kunjung mengeluarkan air. Prosesnya yang memakan beberapa hari itu juga tak membuahkan hasil.

Akhirnya, pihak pemerintah yang saat itu dipimpin oleh Wali Kota Susanto meminta pendapat dari sesepuh dan diberikan saran untuk meletakkan patung Hanoman di sekitar tempat tersebut.

"Setelah pemberian patung tersebut akhirnya keluar airnya, di sini sumber mata air ada dua, di atas sini dan di bawah," jelasnya.

Berikut cerita dibalik adanya patung di tandon sumber mata air Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot) Balai Kota Malang, konon memiliki banyak misteri lho.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News