Sumber Mata Air Berkurang, 11 Dusun di 8 Desa Situbondo Kekeringan

Selasa, 16 Juli 2024 – 14:14 WIB
Sumber Mata Air Berkurang, 11 Dusun di 8 Desa Situbondo Kekeringan - JPNN.com Jatim
Warga mengambil air di sumber mata air yang mengecil di Desa Curahtatal, Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (2/7). Sebanyak 170 kepala keluarga Dusun Mindi desa tersebut kesulitan air untuk kebutuhan minum saat musim kemarau. ANTARA/ Seno. (ANTARA FOTO/SENO)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Sejumlah wilayah di Situbondo dilaporkan mulai mengalami kekeringan air bersih. Hal itu diakibatkan beberapa titik sumber mata air berkurang memasuki musim kemarau 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Sruwi hartanto mencatat ada sebelas dusun yang tersebar di delapan desa kekurangan air bersih.

"Sampai hari ini ada sebelas dusun di delapan desa berkirim surat permohonan pengiriman bantuan air bersih dan insyaallah mulai pekan depan akan kami distribusikan," ujar Sruwi, Selasa (16/7).

Pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu dalam rangka mengatasi kekurangan air bersih di wilayah terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

Dia menyebut dusun-dusun yang berpotensi mengalami kekurangan air bersih dampak dari berkurangnya sumber mata air di 13 dusun.

"Seperti tahun lalu ada 13 lokasi yang kekurangan air bersih, tetapi untuk sementara ada 12 dusun yang mengirim surat permohonan pengiriman bantuan air bersih," kata dia.

Tidak hanya mempersiapkan bantuan pemerintah air bersih ke lokasi kekurangan air bersih, pemerintah daerah setempat juga menyiapkan bantuan tandon air di dusun terdampak.

"Kami siap mengirimkan tandon air, dengan catatan tempat tandon disiapkan oleh pemerintahan desa setempat," ujar Sruwi.

Sebelas dusun di delapan desa yang ada di Situbondo mengalami kekurangan air bersih akibat titik sumber mata air berkurang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News