Ekskavasi Sendang Kuncen Berlanjut, Pahadi: Sumber Air Makin Dekat

Selasa, 12 Oktober 2021 – 14:00 WIB
Ekskavasi Sendang Kuncen Berlanjut, Pahadi: Sumber Air Makin Dekat - JPNN.com Jatim
Tim peneliti Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi pencarian sumber mata air Sendang Kuncen yang berhubungan dengan situs cagar budaya Makam dan Masjid Kuno Kuncen, Senin (11/10/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Tim peneliti Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melaksanakan ekskavasi pencarian sumber mata air Sendang Kuncen.

Sumber mata air itu diduga berhubungan dengan situs cagar budaya Makam dan Masjid Kuno Kuncen di Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Anggota Tim BPCB Jatim Pahadi menuturkan ekskavasi pencarian mata air Sendang Kuncen kali itu merupakan penggalian tahap kedua yang merupakan lanjutan dari penggalian sebelumnya yang dilakukan di Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman.

"Keberadaan sumber air makin dekat. Saat ini, penggalian sudah di kedalaman 5,5 meter. Namun, kami tidak lagi menggali ke bawah, tetapi ke sisi timur," kata dia, Senin (11/10).

Penggalian dilakukan ke sisi timur berdasarkan hasil ekskavasi tahap pertama yang menemukan jejak mata air.

Teori itu didukung keterangan juru kunci setempat menyatakan bahwa pintu air sendang tertutup bagian bawah pohon yang besar.

Ditambah di sekitar tahun 1980-an, pernah dilakukan penutupan pintu air dengan ijuk oleh warga setempat.

"Kalau dua benda itu sudah ketemu, kami optimistis sumber air dapat ditemukan secepatnya," ujar Pahadi.

Tim peneliti Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melaksanakan ekskavasi pencarian sumber mata air Sendang Kuncen.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News