Petugas Rutan Gresik Gantikan Peran Ayah Bantu Persalinan Warga Binaan

Jumat, 26 November 2021 – 21:23 WIB
Petugas Rutan Gresik Gantikan Peran Ayah Bantu Persalinan Warga Binaan - JPNN.com Jatim
Petugas rutan gresik yang menggantikan peran ayah saat warga binaan perempuan melahirkan. Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jatim.jpnn.com, GRESIK - Salah satu warga binaan Rutan Gresik Kanwil Kemenkumham Jatim berinisial PH melahirkan bayi laki-lakinya, Kamis (25/11).

Salah seorang petugas rutan akhirnya menggantikan peran ayah bagi bayi yang masih merah itu.

Karutan Gresik, Aris Suryadi mengatakan bahwa PH menunjukkan tanda-tanda melahirkan sejak Rabu (24/11) malam pukul 23.00 WIB. Perempuan 23 tahun itu mengalami kontraksi.

"Perawat rutan yang sedang piket melakukan observasi memastikan tanda-tanda melahirkan. Sepuluh menit kemudian, PH dirujuk ke IGD RS Ibnu Sina," kata Aris, Jumat (26/11).

Perempuan yang terjerat kasus narkotika itu melewati malamnya dengan menguras banyak energi. Di antara hidup dan mati. Akhirnya, dia berhasil melewati masa-masa itu.

"Tepat pukul 07.20 WIB esok harinya, telah lahir bayinya secara normal. Alhamdulillah, kondisinya sehat. Berat badan 2,920 kilogram dan tinggi badan 49 sentimeter,” ujar kalapas.

Selama proses melahirkan, perempuan yang masuk Rutan Gresik sejak Juli 2021 itu didampingi petugas bernama Agung Setyo Darminto.

Dia mengawal dengan melakukan ritual penyambutan bayi secara Islam, yaitu mengumandangkan azan dan ikamah di kedua telinganya.

Agung Setyo Darminto membantu persalinan warga binaan perempuan yang melahirkan