Gelombang 3 Penularan Covid-19, Epidemiolog: Bisa Dicegah Jika Konsisten Pakai Masker

Senin, 01 November 2021 – 02:50 WIB
Gelombang 3 Penularan Covid-19, Epidemiolog: Bisa Dicegah Jika Konsisten Pakai Masker - JPNN.com Jatim
Ilustrasi Covid-19 menyerang klaster anak. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada Riris Andono Ahmad mengimbau agar masker jangan pernah dilepas ketika beraktivitas.

Hal ini sebagai upaya untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19.

"Sekarang penyebaran Covid-19 mulai terkendali. Apabila angka tersebut bisa dipertahankan dan masyarakat selalu menggunakan masker secara konsisten, maka gelombang ketiga penularan akan berkurang," kata Riris di Jakarta, Minggu (31/10).

Diprediksi gelombang ketiga Covid-19 akan terjadi pada Desember 2021 hingga Januari 2022. Namun, kata Riris, itu bisa dicegah dengan masyarakat konsisten pada protokol kesehatan, utamanya menggunakan masker.

"Setiap mobilitas musiman seperti libur akhir tahun merupakan salah satu waktu yang meningkatkan risiko kasus. Karenanya perlu dilakukan mitigas," jelas  Epidemiolog dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu.

Riris menjelaskan kunci keberhasilan pemerintah Indonesia menjaga kondisi sekarang ini terdiri dari beberapa poin seperti kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19, disiplin prokes, serta vaksinasi yang terus dilaksanakan.

Sementara itu, pemerintah sudah memutuskan untuk menghapus cuti bersama pada 24 Desember untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. (antara/mcr17/jpnn)

Epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada Riris Andono Ahmad mengimbau agar masker jangan pernah dilepas ketika beraktivitas.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News