Ahli Sarankan Jangan Lepas Masker di Pesawat, Termasuk Saat Pemeriksaan Tiket

Senin, 25 Oktober 2021 – 09:01 WIB
Ahli Sarankan Jangan Lepas Masker di Pesawat, Termasuk Saat Pemeriksaan Tiket - JPNN.com Jatim
Pemerintah membeberkan update syarat naik pesawat terbaru yang merupakan hasil keputusan lintas sektoral. Ilustrasi: Mesya/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Akademisi Universitas Indonesia (UI) menyatakan membuka atau melepas masker selama di pesawat bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan membuka masker dan makan sambil berbincang bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.

"Hal ini masih bisa terjadi, kendati pesawat sudah dilengkapi dengan hepa filter dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Tjandra, memang pihak pesawat selalu membagikan hidangan makanan, tetapi disertai dengan imbauan agar tidak menyantap makanan dan minuman di dalam pesawat.

Tjandra tidak menyalahkan mereka yang makan di pesawat, tetapi dia menyarankan sebaiknya makanan tersebut disantap di rumah atau di tempat yang lebih aman.

"Sebaiknya setiap orang mulai belajar menyesuaikan diri, agar sama-sama terhindar dari Covid-19," terangnya.

Tjandra juga menambahkan agar penumpang tidak membuka masker termasuk saat pemeriksaan kartu tanda penduduk (KTP) dan tiket pesawat.

“Melepas masker meski hanya sebentar bisa membuat risiko untuk terjadinya penularan. Maka dari itu, keharusan buka masker, termasuk saat pemeriksaan tiket, tak perlu dilakukan," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Akademisi Universitas Indonesia (UI) menyatakan membuka atau melepas masker selama di pesawat bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19.
Sumber Antara