Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Ditemukan di Perairan Lamongan

Jumat, 22 Oktober 2021 – 08:29 WIB
Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Ditemukan di Perairan Lamongan - JPNN.com Jatim
Tim Arkeolog dalam paparannya di Ruang Command Center Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (21/10) (ANTARA/HO-Pemkab Lamongan)

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Lokasi tenggelamnya Kapal Van Der Wijck diduga terletak di sekitar perairan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Hal itu diungkapkan oleh Arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho di Ruang Command Center Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (21/10) saat memaparkan hasil temuannya.

"Di titik lokasi memang ada kapal karam yang kami duga Van Der Wijck. Itu karena dari foto-foto dan video yang kami dapatkan. Namun, kami masih terus proses dan melakukan identifikasi perlahan-lahan. Jadi, kami terus cocokkan bagian-bagian dengan gambar dari Kapal Van Der Wijck," paparnya.

Menurut Wicaksono, temuan tim arkeolog juga didukung oleh pernyataan masyarakat dan nelayan serta keberadaan monumen tugu peringatan.

"Sekarang BPCB sedang masuk pada tahapan identifikasi, apakah kapal karam yang ditemukan itu merupakan bangkai Kapal Van Der Wijck yang telah dikonfirmasi nelayan setempat," imbuhnya.

Wicaksono menyebut di lokasi tersebut memang ada properti kapal karam. Terkait itu, masyarakat setempat tidak berani menjarah, karena dianggap keramat.

"Properti tersebut bisa juga dijadikan acuan cerita mengenai apa yang terjadi di tahun 1936, ketika Kapal tenggelam," jelas Wicaksono

Dia menambahkan kalau nanti kapalnya mendapatkan izin untuk diangkat, itu bisa dieksplorasi jadi museum.

Lokasi tenggelamnya Kapal Van Der Wijck diduga terletak di sekitar perairan Brondong, Kabupaten Lamongan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News