Kapal Nelayan Kesulitan Sandar di Pantai Sine Tulungagung, KKP Siap Bangun Dermaga

Kamis, 21 Oktober 2021 – 06:32 WIB
Kapal Nelayan Kesulitan Sandar di Pantai Sine Tulungagung, KKP Siap Bangun Dermaga - JPNN.com Jatim
Kelompok buruh nelayan menarik jaring tarik yang ditebar di sekitar perairan Pantai Sine, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (19/10/2021). ANTARADestyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dermaga untuk bersandarnya kapal nelayan di Pantai Sine, Tulungagung akan mulai dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Tulungagung, Rabu (20/10) mengatakan pembangunan dermaga rencananya mulai dikerjakan pada 2022.

"Kami sudah lakukan kunjungan dan pembangunan direncanakan akan mulai digarap pada 2022," jelas Trenggono.

Menurut dia, pemerintah tidak hanya akan membangun dermaga di Pantai Sine, tetapi juga sejumlah sarana pendukung seperti pabrik es, ruang pendingin, serta SPBU khusus untuk nelayan.

"Mengenai anggaran, nantinya akan menggunakan dana yang sepenuhnya bersumber dari APBN. Proyeksinya semua tuntas pada 2023," ujarnya.

Terkait rencana tersebut, nelayan sekitar menyambut baik. Saiful Arifin, nelayan Pantai Sine mengatakan dermaga akan membuat perahu dan kapal mereka bisa merapat ke tepi pantai.

"Selama kapal-kapal ikan tidak bisa merapat ke tepi pantai. Padahal, di kawasan pesisir itu sudah terdapat fasilitas tempat pelelangan ikan. Jadi dengan adanya dermaga ini akan membuat kapal-kapal kami bisa sandar," tuturnya.

Sepadan dengan Saiful, Anggia Erma Rini mendukung rencana pembangunan dermaga tersebut. Dia mengatakan pembangunan dermaga akan membuat produksi ikan tangkap nelayan di Pantai Sine meningkat, sehingga kesejahteraan mereka juga ikut naik. (antara/mcr17/jpnn)

Dermaga untuk bersandarnya kapal nelayan di Pantai Sine, Tulungagung akan mulai dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News