Peringati Hari Museum Nasional, Pemkot Kediri Ajak Remaja Belajar Aksara Jawa Kuno

Rabu, 13 Oktober 2021 – 09:25 WIB
Peringati Hari Museum Nasional, Pemkot Kediri Ajak Remaja Belajar Aksara Jawa Kuno - JPNN.com Jatim
Kegiatan belajar bersama di museum dalam rangkaian Hari Museum Nasional yang digelar di Musuem Airlangga Kediri, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021). ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri mengajak para remaja untuk belajar aksara jawa kuno di museum sebagai bagian dari pelestarian budaya.

"Kegiatan belajar di museum perlu dipupuk sejak dini sebagai bentuk pelestarian dan kepedulian pada peninggalan sejarah," kata Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Selasa (12/10).

Menurut Nur, pembelajaran sejarah semestinya juga bisa dilakukan dengan turun langsung ke lapangan.

"Anak-anak, selama ini belajar sejarah hanya melalui teori saja. Padahal penting untuk turun lapangan melihat langsung artefak-artefak sejarah itu," sambungnya.

Kegiatan belajar mengenal aksara jawa kuno tersebut digelar di Museum Airlangga Kota Kediri. Acara itu digelar dalam rangkaian peringatan Hari Museum Nasional.

Para peserta yang hadir dalam acara tersebut diminta untuk membaca dan menulis aksara jawa kuno. Mereka juga membagikannya ke media sosial mereka masing-masing.

Para remaja itu cukup antusias dalam belajar. Junio Chelsa Putra Setyana, misalnya, mengaku senang akhirnya dapat belajar aksara jawa kuno yang awalnya sempat membingungkannya.

"Lewat kegiatan yang bagus ini akhirnya saya bisa mengenal penulisan, cara baca aksara jawa kuno," ujarnya.

Pemerintah Kota Kediri mengajak para remaja untuk belajar aksara jawa kuno di museum sebagai bagian dari pelestarian budaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News