Bakal Ada Museum Berkonsep 'Storynomic Tourism' di Mojokerto

Selasa, 14 September 2021 – 23:50 WIB
Bakal Ada Museum Berkonsep 'Storynomic Tourism' di Mojokerto - JPNN.com Jatim
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Antara Jatim/Pemkot Mojokerto/IS)

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Pemkot Mojokerto, Jawa Timur, mengimplementasikan konsep storynomic tourism, yakni pariwisata yang mengedepankan narasi dan konten kreatif pada museum.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menuturkan museum tersebut rencananya akan dibangun di area Wisata Bahari Majapahit kawasan Rejoto dengan mengedepankan digital teknologi.

"Kami ingin semua bisa memahami sejarah tentang Majapahit, khususnya anak-anak Kota Mojokerto. Kalau hanya sekadar membaca buku, mungkin akan cepat bosan, tetapi jika dituangkan dalam bentuk yang lebih kekinian, itu akan lebih menarik," kata di, Selasa (14/9).

Ning Ita, sapaan akrab wali kota, menyampaikan ekonomi kreatif merupakan sistem pendukung dari industri pariwisata.

"Kami mendapatkan tawaran dari Mbok Niluh, sebuah program magang untuk pengembangan produk sepatu, terutama yang berciri khas etnik dan bertema heritage," ujar dia.

Sebelumnya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari berupaya membangkitkan kembali kegiatan Spirit of Majapahit yang telah mendapatkan apresiasi Filolog Naskah Lontar Bali dan Jawa Kuno Sugi Lanus.

Peraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas rekor pelestari manuskrip lontar usadha terbanyak itu menyebut slogan Spirit of Majapahit benar-benar diwujudkan dalam pembangunan infrastruktur maupun suprastruktur Kota Mojokerto.

Pembangunan itu terlihat dari gapura di kantor-kantor pemerintahan dan pusat perekonomian, termasuk Kolam Pemandian Sekar Sari dengan Menara Tribuana Tungga Dewi, Taman Bahari Majapahit dan Alun-alun.

Pemkot Mojokerto berencana mengimplementasikan konsep storynomic tourism, yakni pariwisata yang mengedepankan narasi dan konten kreatif pada museum.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News