Lestarikan Benda Purbakala, Pemkab Banyuwangi Gagas Museum Desa

Kamis, 07 Oktober 2021 – 16:41 WIB
Lestarikan Benda Purbakala, Pemkab Banyuwangi Gagas Museum Desa - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menghadiri Pameran Kepurbakalaan di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan pariwisata Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sedang menggagas museum desa sebagai upaya pelestarian benda-benda purbakala di daerah setempat.

"Pemkab Banyuwangi tengah menggagas museum di desa-desa untuk tetap melestarikan bukti-bukti bersejarah yang ada di desa," katanya di sela workshop kepurbakalaan yang digelar di Pelinggihan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Rabu (6/10).

Bramuda memaparkan para peserta workshop yang sebagian besar adalah anak muda akan diproyeksikan menjadi pengurus museum-musem desa tersebut.

"Jadi nanti yang akan mengelola museum desa adalah anak muda yang hadir dalam workshop ini," jelasnya

Bramuda memaparkan gagasan museum desa tersebut juga nanti bisa menjadi objek wisata yang akan menguntungkan warga sekitar.

"Nantinya akan menjadi destinasi wisata edukasi yang bisa menarik tamu dan menggerakkan perekonomian," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang datang meninjau workshop mendukung anak-anak muda mencintai dan melestarikan kepurbakalaan.

"Saya bangga melihat anak-anak muda yang mencintai dan melestarikan benda purbakala. Mereka secara tidak langsung mencintai bangsa lewat sejarahnya," ujar Ipuk.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sedang menggagas museum desa sebagai upaya pelestarian benda-benda purbakala..
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News