Permudah Perizinan Nelayan, Pemprov Jatim Jemput Bola ke Sejumlah Pelabuhan

Kamis, 16 September 2021 – 22:33 WIB
Permudah Perizinan Nelayan, Pemprov Jatim Jemput Bola ke Sejumlah Pelabuhan - JPNN.com Jatim
Kepala DPM-PTSP Jawa Timur Aris Mukiyono (kiri) di sela kegiatan 'Pekan Perizinan' di kawasan Pantai Popoh, Kabupaten Tulungagung. (ANTARA/HO-DPM-PTSP)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jawa Timur melakukan upaya jemput bola guna melayani perizinan usaha nelayan melakukan penangkapan ikan.

"Kami melakukan layanan langsung di lokasi melalui kegiatan Pekan Perizinan," kata Kepala DPM-PTSP Jawa Timur, Aris Mukiyono, Kamis (16/9).

Fasilitas layanan terdiri atas pengurusan SIUP, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Kapal Penangkap Ikan (SIKPI), Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP), izin genset di bawah 500 kWh, dan pengurusan penerbitan NPWP.

Aris menjelaskan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mendekatkan layanan ke masyarakat karena mereka biasanya melaut bisa sampai berhari-hari, ditambah lagi pengurusan surat izin dilakukan di bakorwil setempat.

"Tentu itu jauh dan kurang efektif. Makanya, kami mendekatkan layanan pada masyarakat, melayani penerbitan perizinan on the spot di dekat pelabuhan," ujar dia.

Selain itu, kegiatan ditujukan untuk membantu masyarakat nelayan yang kurang akrab dengan pelayanan sistem daring dan digital.

"Mereka akan didampingi dan dibantu dalam memperoleh berkas perizinan," tutur Aris.

Kegiatan Pekan Perizinan kali ini dilakukan di kawasan Pantai Popoh, Tulungagung. Sebelumnya, layanan serupa digelar di Sumenep, Lamongan, Malang, Trenggalek, maupun Banyuwangi.

DPM-PTSP Jawa Timur melakukan upaya jemput bola guna melayani perizinan usaha nelayan melakukan penangkapan ikan.
Sumber Antara