Nelayan di Trenggalek Harap Waspadai Gelombang Tinggi, Diimbau Tak Melaut

Jumat, 15 Maret 2024 – 11:19 WIB
Nelayan di Trenggalek Harap Waspadai Gelombang Tinggi, Diimbau Tak Melaut - JPNN.com Jatim
Nelayan labuh jangkar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Trenggalek (ANTARA/HO-foto warga)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - BPBD Trenggalek memberikan imbauan kepada nelayan di wilayah setempat untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga empat meter yang berpotensi terjadi pada 14-17 Maret.

"Kami imbau para nelayan, termasuk yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," kata Kepala BPBD Trenggalek Triadi Atmono, Jumat (15/3).

Triadi menyarankan nelayan untuk sementara waktu tidak melaut, mengingat risiko dan hambatan berlayar melawan arus laut diiringi fenomena gelombang pasang dalam beberapa hari ke depan.

Menurutnya, saat ini fenomena air pasang disertai gelombang tinggi menyebabkan banjir rob di hampir semua kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek. Banyak objek wisata rusak dan kios atau warung yang porak poranda.

Banjir rob telah membuat hampir semua aktivitas nelayan dan warga pesisir terganggu.

"Kondisi ini juga termasuk wilayah perairan Trenggalek. Kemarin, Pantai Konang terjadi banjir rob hingga merusak beberapa kios atau warung milik warga di sekitar bibir pantai," ujarnya.

Kepala Polairud Prigi Trenggalek Aipda Maryanto mengatakan berkaca dari fenomena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi berkala bersama petugas gabungan.

Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalisir insiden kecelakaan laut seiring potensi gelombang tinggi yang melanda wilayah selatan Jawa.

"Kami terus lakukan sosialisasi kepada kelompok-kelompok nelayan untuk selalu berhati-hati dan melengkapi standar keamanan melaut seperti memakai pelampung," kata dia.

Pihaknya juga mendorong seluruh nelayan untuk selalu berkomunikasi dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Prigi saat melaut. Selain soal legalitas pencarian ikan, langkah itu untuk meminimalisir terjadinya insiden kecelakaan laut.

"Kalau kapal besar 30 GT ke atas pasti lewat situ. Kalau yang kapal-kapal kecil belum tentu, karena ada yang berangkat dari Pantai Cengkrong Pantai Karanggongso, tidak satu pintu," ucapnya.

Selain itu, Polairud Prigi juga meminta wisatawan agar selalu berhati-hati dan waspada dan sementara waktu agar tidak berenang. Pihaknya bakal terus melakukan patroli berkala dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati.

"Kemudian memantau informasi cuaca yang disampaikan pemerintah secara berkala sehingga antisipasi dini bisa dilakukan," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Nelayan di Trenggalek diimbau mewaspadai potensi gelombang tinggi yang terjadi pada 14-17 Maret 2024.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News