Dua Burung Lagka ini Dilepasliarkan di TNBTS Lumajang, Wabup: Simbol Kemerdekaan Sejati Bangsa Indonesia

Kamis, 19 Agustus 2021 – 13:38 WIB
Dua Burung Lagka ini Dilepasliarkan di TNBTS Lumajang, Wabup: Simbol Kemerdekaan Sejati Bangsa Indonesia - JPNN.com Jatim
Salah satu elang Jawa yang dilepasliarkan di Desa/Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Rabu (18/8/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Dua ekor Elang langka dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Rabu (18/8).

Pelepasan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.

Bunda Indah, sapaan akrab Wabup mengatakan sangat beruntung bisa terlibat dalam melepasliarkan hewan langka dan dilindungi tersebut.

"Snagat senang bisa melepasliarkan satwa langka yang mirip dengan lambang negara Indonesia yakni burung Garuda itu,"ucap Bunda Indah.

Kedua elang tersebut masing-masing adalah burng berjenis Elang Jawa dan Elang Ular Bido. Mereka diberi nama Araga dan Moris.

Pelepasliaran Araga dan Moris, lanjut Bunda Indah, yang dilakukan setelah peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia bisa menjadi simbol kemerdekaan sejati bagi bangsa Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma menambahkan jika pelepasliaran Elang Jawa hasil pemberian masyarakat tersebut menjadi hewan yang ke-36.

Novita berharap TNBTS bisa menjadi kawasan yang nyaman untuk hewan-hewan langkah tersebut. (antara/mcr17/jpnn)

Dua ekor burung langka dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada
Sumber Antara