Ada Subsidi Elpiji untuk Warga di Desa Nguntoronadi Magetan, Urus Sayaratnya di Sini

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 08:28 WIB
Ada Subsidi Elpiji untuk Warga di Desa Nguntoronadi Magetan, Urus Sayaratnya di Sini - JPNN.com Jatim
BUMdes Jaya Abadi Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur memberikan layanan subsidi bahan bakar elpiji ukuran 3 kilogram untuk masyarakat desanya utamanya warga miskin dan pelaku usaha mikro. Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Magetan

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Jaya Abadi Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyediakan subsidi gas elpiji 3 kilogram untuk warganya.

Bahan bakar kompor itu diberikan terutama kepada warga yang tidak mampu dan para pedagang kecil.

"Pemberian bantuan subsidi elpiji ukuran 3 kilogram tersebut bertujuan membantu warga di saat pandemi Covid-19 ini, juga menjaga kestabilan harga bahan bakar tersebut di pasaran," jelas Ketua BUMDes Usaha Jaya Abadi Desa Nguntoronadi Alex Chubi Mashuri, Jumat (13/8)

Untuk sistem pembagiannya, BUMdes mendirikan pangkalan elpiji 3 kilogram di desa setempat, dan warga akan mengurus terlebih dahulu kartu kendali yang akan diberikan oleh BUMdes.

Alex mengatakan kalau jumlah kartu yang disediakan sebanyak 150 buah. Sejumlah 150 kartu kendali elpiji 3 kilogram tersebut terdiri atas 100 kartu kendali untuk warga miskin dan non-PNS. Sementara 50 kartu lainnya untuk pelaku UMKM yang diutamakan warung-warung kecil.

adi dengan pakai kartu kendali, warga bisa peroleh satu elpiji 3 kilogram hanya Rp16.000 per tabung. Sedangkan kalau beli di pasar harga elpiji 3 kilogram berkisar antara Rp19.000-Rp20.000 per tabung.

Dalam pemakaiannya, kartu kendali tersebut bisa digunakan warga desa dalam satu bulan untuk peroleh 2 tabung, sedangkan untuk warung 3 tabung.

Bupati Magetan Suprawoto mengapresiasi langkah yang dilakukan BUMDes Jaya Abadi Desa Nguntoronadi tersebut. Pasalnya, program tersebut merupakan layanan inovatif yang pertama di Magetan.

BUMdes Jaya Abadi Desa Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyediakan subsidi gas elpiji 3 kilogram untuk warganya
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News