Simak Ini Beasiswa UMSurabaya Bagi Anak yang Orang Tuanya Meninggal Akibat COVID-19!

Senin, 09 Agustus 2021 – 14:16 WIB
Simak Ini Beasiswa UMSurabaya Bagi Anak yang Orang Tuanya Meninggal Akibat COVID-19! - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. (ANTARA Jatim/HO-Humas UMSurabaya/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jawa Timur menyiapkan beasiswa khusus bagi anak-anak yang ditinggal meninggal dunia oleh orang tuanya akibat terpapar COVID-19.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan SDM UMSurabaya, Ma’ruf Sya’ban memaparkan Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat ada 11.405 anak yang orang tuanya meninggal lantaran COVID-19. Mereka kini jadi yatim, piatu, maupun yatim piatu.

"Anak-anak adalah aset bangsa. Karena itu, UMSurabaya menyediakan 'Beasiswa Insan Berdaya' bagi lulusan SMA yang ditinggal orang tuanya," ujar dia.

Dia mengharapkan dengan begitu dapat memberikan jalan bagi anak-anak tersebut untuk menjadi generasi yang mandiri dan bermartabat di kemudian hari.

Melalui program beasiswa itu, mahasiswa yang diterima bakal dibebaskan dari uang gedung serta dana pendidikan sejak awal hingga mereka lulus.

UMSurabaya hanya meminta para mahasiswa tersebut fokus belajar dan tidak perlu memikirkan biaya kuliah.

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB), Radius Setiyawan menerangkan proses penerimaan mahasiswa melalui beasiswa itu hampir sama dengan 12 program unggulan lainnya.

Bedanya, program beasiswa itu diperuntukkan bagi mahasiswa yang ditinggal meninggal orang tua mereka lantaran terpapar COVID-19 dibuktikan melalui surat keterangan dari RT/RW setempat.

Perhatikan detail beasiswa dari UMSurabaya akhusus anak-anak yang ditinggal meninggal dunia oleh orang tuanya akibat terpapar COVID-19.
Sumber Antara