Rumah Sehat se-Surabaya Berkapasitas Total 2.346 Pasien COVID-19 OTG

Minggu, 01 Agustus 2021 – 14:46 WIB
Rumah Sehat se-Surabaya Berkapasitas Total 2.346 Pasien COVID-19 OTG - JPNN.com Jatim
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kepada salah satu warga OTG tempat isolasi mandiri atau rumah sehat di SDN Tambaksari III, Kota Surabaya, Minggu (1/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kapasitas rumah sehat yang ada di hampir seluruh Surabaya, Jawa Timur saat ini mampu menampung sekitar 2.346 warga pasien COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita memaparkan setidaknya ada enam rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan warga, di antaranya berlokasi di SDN Tambaksari III dan SMPN 29.

Feny, sapaan akrab kadis, mengatakan setiap harinya petugas puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang menjalani perawatan di rumah sehat, dari kondisi fisik hingga saturasi oksigen.

"Setiap hari pukul 13.00 WIB, petugas puskesmas selalu memeriksa kesehatan pasien COVID-19 di rumah sehat," kata dia, Minggu (1/8).

Feny menjelaskan sebelum dirujuk ke rumah sehat, pihak puskesmas melakukan skrining dahulu sekaligus memastikan, apakah kondisi fisik warga itu layak untuk menjalani perawatan di sana.

"Kami menentukan apakah dimasukkan ke rumah sehat atau harus ke rumah sakit," ujar dia.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tambaksari Surabaya Ribut Madyono menyampaikan rumah sehat di wilayahnya di gedung SDN Tambaksari III sudah beroperasi sejak 28 Juli lalu.

"Dibuka tiga hari lalu, sekarang ada dua warga yang menjalani perawatan di sana," tutur Ribut.

Menurut dia, kehadiran rumah sehat mendapat sambutan yang luar biasa dari warga. Meski awalnya sempat menimbulkan kekhawatiran dari warga terdekat.

"Kami pun menggandeng RT/RW untuk mengedukasi dan akhirnya seluruh warga mendukung," ucap Ribut.

Sumber Antara