Minggu Depan RSL Karang Pucung Buka, Warga Surabaya, Jangan Isoman di Rumah!

Minggu, 01 Agustus 2021 – 07:29 WIB
Minggu Depan RSL Karang Pucung Buka, Warga Surabaya, Jangan Isoman di Rumah! - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - TNI AL bakal mengoperasikan RSL Karang Pucung, Surabaya minggu depan. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Seminggu lagi, Surabaya, Jawa Timur akan memiliki rumah sakit (RS) lapangan tambahan untuk penanganan COVID-19. Lokasinya di Gedung Karang Pucung Komplek Pangkalan Korps Marinir, Jalan Opak.

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menerangkan pembangunan RS merupakan instruksi Kepala Staf AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Itu merupakan bukti perhatian Pak Kasal. Beliau melihat kondisi yang ada, lalu memerintahkan kepada jajarannya untuk bisa menindaklanjuti dengan mendirikan RS lapangan," kata dia, Sabtu (31/7).

Iwan menjelaskan Kasal melihat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) di rumah-rumah sakit penanganan COVID-19 nyaris penuh selama lonjakan kasus beberapa waktu belakangan.

Oleh karena itu, diharapkan pembangunan RSL Karang Pucung tersebut setidaknya bisa sedikit meringankan beban para tenaga kesehatan (nakes) di rumah-rumah sakit yang ada.

Iwan menargetkan RSL Karang Pucung dapat menampung setidaknya 800 pasien COVID-19. TNI AL pun telah menyiapkan nakes, tenaga medis, fasilitas pendukung kesehatan seperti ambulans, hepa filter, dan lainnya.

"Insyaallah seminggu ke depan RSL sudah bisa dioperasikan," ujar dia.

Iwan memastikan RSL itu tidak hanya untuk keluarga TNI AL saja, melainkan masyarakat umum pula. Syaratnya, mereka harus terlebih dahulu mengikuti proses triase di RSAL dr. Ramelan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya berterima kasih banyak kepada Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono atas berdirinya RS Lapangan milik TNI AL itu.

TNI AL akan membantu penanganan COVID-19 di Surabaya dengan membangun RSL Karang Pucung yang bakal beroperasi minggu depan.
Sumber Antara