Sejumlah Alat Berat Dikerahkan Menyingkirkan Material Longsor di Lereng Gunung Wilis

Sabtu, 19 Juni 2021 – 12:40 WIB
Sejumlah Alat Berat Dikerahkan Menyingkirkan Material Longsor di Lereng Gunung Wilis - JPNN.com Jatim
Operator mengoperasikan alat berat jenis eksavator untuk menyingkrkan material longsor yang menutup badan jalan menuju Desa Nglurup, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (18/4/2021). Hujan deras yang mengguyur daerah ini selama dua hari terakhir telah menyebabkan akses jalan desa setempat terputus dan menyebabkan sekitar 270 KK terisolasi. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, Jawa Timur, mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan di tiga desa area lereng Gunung Wilis.

Kepala Pelaksana BPBD Tulungagung Suroto mengatakan proses normalisasi jalan diperkirakan membutuhkan waktu beberapa hari.

Suroto menjelaskan pembersihan material longsor bakal dilakukan di sejumlah titik secara bertahap.

"Untuk tiga titik longsoran utama di Desa Kedoya dan Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, dan hari ini sudah mulai dilakukan pembersihan," kata Suroto di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (19/6).

Alat berat milik BPBD Tulungagung bakal difokuskan untuk membuka longsor di Desa Kedoya dan objek wisata Jurang Senggani.

Khusus ekskavator dari Dinas PU dikerahkan untuk melakukan normalisasi jalur utama menuju pemukiman warga di Dusun Munggur, Desa Nglurup.

Aktivitas normalisasi itu mendapat apresiasi warga, sebab material longsor begitu banyak, sehingga menutup badan jalan.

"Karena akses jalannya masih bagus, jembatan juga masih baik meski tertimbun longsor, nanti kami akan menata kembali agar konstruksi," katanya.

Dias PU dan BPBD Tulungagung mengerahkan alat berat untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan di tiga desa area lereng Gunung Wilis..
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News