Bayi Kembar Siam di Tulungagung Lahir Dempat Bokong, Begini Kondisinya

Rabu, 24 April 2024 – 12:17 WIB
Bayi Kembar Siam di Tulungagung Lahir Dempat Bokong, Begini Kondisinya - JPNN.com Jatim
Perawat mendorong kereta inkubator bayi menuju ruang perawatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung, Selasa (23/4). ANTARA/HO - Humas RSUD dr. Iskak Tulungagung

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - RSUD dr Iskak Tulungagung menerima rujukan penanganan bayi kembar siam dempet bokong (pygopagus), Selasa (23/4). Bayi kembar laki-laki tersebut dievakuasi dari RS Bhayangkara pukul 10.00 WIB.

Plt Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung dr Kasil Rokhmat mengatakan bayi kembar siam itu lahir pada Rabu (17/4) dengan berat badan total 5.190 gram. Saat dirujuk bayi itu berusia tujuh hari,

"Kelahiran bayi kembar siam ini ditangani tim medis RS Bhayangkara. Namun, pertimbangan sarpras yang terbatas penanganan lanjutan dirujuk ke RSUD dr Iskak selaku rumah sakit rujukan provinsi," kata Kasil.

Kondisi bayi secara keseluruhan cukup baik. Saat lahir hanya memiliki satu saluran pembuangan juga menangis, seperti bayi normal pada umumnya. Kedua bayi juga sudah belajar minum hingga lima cc air.

"Saat kelahiran bayi juga kondisi baik, seperti bayi (kelahiran) normal dengan skor 8-9. Ini skor kelahiran yang cukup baik dengan usia kehamilan ibu bayi selama 38 minggu," tutur Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Iskak dr Zahrotul Aini.

Untuk pemeriksaan fisik awal, tubuh kedua bayi bagian atas normal. Kepala, dada sampai perut normal, (masing-masing) satu-satu.

Namun, untuk bagian tubuh bawah perut, fisik kedua bayi menempel di bagian bokong. Selanjutnya di bagian bawah kembali normal, dengan kaki masing-masing sepasang.

"Organ yang menjadi perhatian kami sekarang adalah bagian anogenital dan anus. Kaki tangan lengkap. Dugaan anus tunggal, penis satu, testis terdapat tiga. Skrotum dua utuh, sedangkan dua lainnya tidak terbentuk dengan baik," bebernya.

Bayi kembar siam dempat bokong di Tulungagung lahir dengan berat total 5.190 gram.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News