Pemerataan Lahan Relokasi Hunian Korban Erupsi Gunung Semeru Capai 50 Persen

Jumat, 24 Desember 2021 – 12:25 WIB
Pemerataan Lahan Relokasi Hunian Korban Erupsi Gunung Semeru Capai 50 Persen - JPNN.com Jatim
Proses relokasi lahan untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru telah mencapai 40 herktar. Foto: Humas Pemkab Lumajang for jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Proses pemangkasan hutan di Sumbermujur, Candipuro, Lumajang dalam rangka relokasi rumah warga terdampak erupsi Gunung Semeru kini hampir mencapai 40 hektare. 

Dengan mengendarai kendaraan roda empat, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun meninjau lahan relokasi yang sudah diratakan hingga 50 persen itu berdasarkan rancangannya.

"Kali ini, saya mau melihat secara langsung lokasi paling ujung yang sekarang sedang diratakan oleh teman-teman dari satuan TNI," ujarnya, Kamis, (23/12).

Dia mengatakan total luas lahan yang dipakai untuk relokasi di Sumbermujur mencapai 81 hektare. Luasan tersebut nantinya akan dibangun sekitar 2.000 rumah. Setiap keluarga mendapatkan tanah ukuran 10 × 14 meter persegi. 

Lokasi relokasi juga akan dilengkapi sarana fasilitas umum, sosial, dan kesehatan.

Cak Thoriq, sapaan bupati, menerangkan pihaknya akan segera menyelesaikan pengurusan hunian sementara (huntara) terlebih dahulu. 

"Dengan mekanisme huntara berada di belakang, kemudian dipersiapkan pembangunan hunian tetap (huntap). Dengan begitu nantinya, hunian sementara maupun tetap akan menjadi satu," tuturnya.

Selanjutnya, bupati berkeinginan relokasi tersebut menjadi lebih representatif, termasuk dengan adanya sarana atau fasilitas olahraga dan lainnya.

Proses relokasi lahan untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru sudah mencapai 40 hektar
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News