Sudah Ada 3.169 Pemudik Nekat Asal Jawa TImur Dipaksa Putar Balik

Jumat, 07 Mei 2021 – 19:00 WIB
Sudah Ada 3.169 Pemudik Nekat Asal Jawa TImur Dipaksa Putar Balik - JPNN.com Jatim
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya saat hari pertama larangan mudik di kota setempat, Kamis (6/5/2021). (ANTARA/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur mencatat sebanyak 3.169 kendaraan yang ketahuan nekat ke luar kota dipaksa putar balik saat hari pertama larangan mudik Lebaran tahun ini.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman mengatakan ribuan kendaraan yang dipaksa putar balik oleh petugas berada di sembilan titik perbatasan antara Jawa Timur dengan Bali dan Jawa Tengah.

"Ribuan kendaraan tersebut terindikasi akan mudik, maka petugas memaksa putar balik sesuai ketentuan yang berlaku," kata Latif, Jumat (7/5).

Kombes Latif menjelaskan mayoritas kendaraan yang dipaksa putar balik ialah mobil berpenumpang dengan jumlah 1.286 kasus.

Dia menyebut pengendara yang dipaksa putar balik tak bisa menunjukkan sejumlah surat telah dibutuhkan seperti surat bebas Covid-19, izin dari perusahaan, hingga Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Banyak masyarakat yang berasumsi selama ada bukti yang tampak semisal pesan daring dari atasan itu sudah bisa diizinkan keluar masuk, padahal tidak,” tuturnya.

Kombes Latif memberikan pengecualian kepada sejumlah pengendara yang membawa surat keterangan dari instansi terkait, tetapi belum mengantongi hasil tes Covid-19.

Pengendara yang belum mengantongo hasil tes Covid-19 akan dilakukan tes cepat di pos pantau mudik.

"Tak ada satupun kendaraan yang luput dari pemeriksaan saat hendak melintas di pos penyekatan," ujar Kombes Pol Latif Usman.

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur paksa putar balik 3.169 pengendara yang nekat ke luar kota di hari pertama larangan mudik Lebaran.