Muhadjir Effendy: Pemerintah Tak Mungkin Menanggung Bansos Sendiri

Sabtu, 17 Juli 2021 – 17:04 WIB
Muhadjir Effendy: Pemerintah Tak Mungkin Menanggung Bansos Sendiri - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang PPKM darurat. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah resmi perpanjang PPKM darurat hingga akhir Juli 2021.

"Tadi Rapat Kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan Bapak Presiden bahwa PPKM darurat dilanjutkan sampai akhir Juli," kata Muhadjir, Sabtu (17/7).

Muhadjir mengatakan bahwa perpanjangan PPKM telah mempertimbangkan banyak risiko, khususnya soal penyaluran bantuan sosial dan penerapan protokol kesehatan.

Dia mengatakan pemerintah tidak mungkin menanggung semua pengadaan bantuan sosial sendiri terhada masyarakat.

Gotong-royong bersama masyarakat dan sejumlah instansi, lanjut Muhadjir, dinilai penting guna menghadapi pandemi Covid-19.

"Bansos ini tidak mungkin ditanggung pemerintah sendiri sehingga gotong royong masyarakat, termasuk civitas academica UGM ini di bawah pimpinan pak rektor membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat kebijakan PPKM ini," katanya.

Muhadjir menjelaskan selama masyarakat tidak mau kompromi menahan diri melanggar prokes selama PPKM darurat, maka penanganan Covid-19 tidak akan berhasil.

"Penanganan Covid-19 ya tidak berhasil Jika masyarakat tidak menyadari bahwa prokes itu penting," ujarnya. (mcr6/antara/jpnn)

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut pemerintah tidak mungkin menanggung semua pengadaan bantuan sosial sendiri bagi warga terdampak Covid-19.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News