Perdana, Bakal Ada TPS Khusus di Liponsos & Griya Werdha Untuk Pemilu 2024

Rabu, 06 Desember 2023 – 14:39 WIB
Perdana, Bakal Ada TPS Khusus di Liponsos & Griya Werdha Untuk Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Anna Fajriatin. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penghuni Liponsos dan Griya Werdha bisa mengikuti pencoblosan saat Pemilu 2024. Guna memfasilitasi hak mereka, Pemkot Surabaya bersama KPU setempat akan membuat TPS khusus di sana.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengungkapkan diperbolehkanya penghuni Liponsos dan Griya Werdha itu seusai adanya judicial review yang intinya para lansia tersebut punya hak untuk memilih dan untuk dipilih.

“KPU bersama kami memfasilitasi mereka untuk menggunakan hak pilihnya nanti,” kata Anna, Selasa (5/12).

Anna menjelaskan akan ada dua TPS yang akan didirikan di Liponsos, yakni TPS khusus dan TPS reguler. TPS khusus diperuntukkan bagi warga binaan Liponsos yang ber-KTP Surabaya dan bertempat tinggal di UPTD Liponsos.

“Contohnya, warga Wonokromo yang terlantar dan tidak punya keluarga maka dia diampu oleh Pemkot Surabaya dan dia nantinya masuk ke TPS khusus,” ujarnya.

Kedua, TPS reguler yang akan diperuntukkan bagi warga binaan yang pada saat masuk ke Liponsos, tidak ditemukan administrasi kependudukannya.

“Biasanya saat akan masuk ke Liponsos, akan dicek biometrik. Ketika tidak terdeteksi atau tidak ditemukan warga mana, dia akan diampu ber-KTP Surabaya dengan alamat di Liponsos Keputih. Warga itulah yang akan masuk ke TPS reguler,” kata dia.

Selain di Liponsos, TPS juga akan didirikan di Griya Werdha. Namun, hanya ada satu TPS, yakni TPS reguler.

Pemkot Surabaya bersama KPU siapkan TPS khusus untuk penghuni Liponsos dan Griya Werdha. Berikut penjelasannnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News