Soroti Gimik Politik, Sukowi Minta Pemilih Muda dan Pemula Tidak Terpengaruh

Selasa, 05 Desember 2023 – 19:45 WIB
Soroti Gimik Politik, Sukowi Minta Pemilih Muda dan Pemula Tidak Terpengaruh - JPNN.com Jatim
Sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula dan pemilih muda dalam Pemilu 2024 di Aula Soetandyo FISIP Unair, Selasa (5/12). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pakar Komunikasi Politik Unair Suko Widodo menyoroti kemunculan gimik politik untuk merebut simpati dan hati para calon pemilih muda dan pemilih pemula seperti sebutan selepet, gemoy, hingga salam Hunger Games.

Pihaknya melihat para pemilih muda dan pemilih pemula saat ini sudah cukup mengenal simbol-simbol gimik untuk mendapatkan dukungan. Namun, tak sedikit juga yang belum paham, terutama bagi para pemula.

"Kami mendapatkan data pemilih muda cukup mengenal simbol-simbol gimik yang bukan substansi untuk visi misi para calon," ujar Suko dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu 2024 di FISIP Unair, Selasa (5/12).

Suko juga mendapati pemilih muda yang gelisah dengan adanya politik uang. Anak muda saat ini dianggap dengan mudah menerima hal tersebut untuk memberikan dukungannya.

"Anak muda saat ini dianggap permisif, mau menerima dengan mudah politik uang. Dalam sosialisasi ini kami menguatkannya dengan literasi pemilih cerdas agar mereka tidak terpengaruh," kata Sukowi sapaan akrab Suko Widodo tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang Rochani menyebut daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 didominasi pemilih muda dan pemilih pemula. 

Berdasarkan data dari KPU Jatim, jumlah pemilih muda dan pemilih pemula didominasi kelompok usia 17-40 tahun dengan total sebesar 60 persen.

"Trennya di semua daerah seperti itu, di kabupaten/kota, sedangkan nasional 52 persen," kata Rochani dalam

Pemilih pemula dan pemilih muda harus paham mengenai gimik politik agar tidak salah memilih calon pemimpin masa depan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News