Perjalanan Karier Arkhan Kaka Sebelum Jadi Striker Timnas Indonesia U-17

Jumat, 17 November 2023 – 16:49 WIB
Perjalanan Karier Arkhan Kaka Sebelum Jadi Striker Timnas Indonesia U-17 - JPNN.com Jatim
Ayahanda Arkhan Kaka, Purwanto. Foto: Media Center Piala Dunia U-17

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebelum namanya menjadi sorotan publik, Striker Timnas Indonesia Piala Dunia U-17 Arkhan Kaka, menimba pengalaman di beberapa klub.

Ayahanda Arkhan Kaka, Purwanto menuturkan buah hatinya itu memulai perjalanan sebagai pemain sepak bola di SSB Mitra Tunas Muda Blitar dan masuk ke PSBK Blitar Youth.

Selama di dua tempat itu, anaknya mengidolakan Striker Legenda Persija Jakarta Bambang Pamungkas.

“Setelah U-13, ada pelatih yang melihat potensi Kaka jadi striker. Dia sangat suka sekali Bambang Pamungkas,”ujar Purwanto, di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 Surabaya, Kamis (16/11).

Menurutnya, kerja keras Kaka mengantarkannya ke Akademi Bhayangkara Pro dan bermain untuk klub Bhayangkara Youth Oktober 2021.

“Kurang dari setahun, dia hijrah dan bergabung dengan Persis Solo U20, pada Februari 2022 hingga pada Januari 2023, Kaka resmi dipromosikan untuk bermain di tim senior Persis Solo,” bebernya.

Kaka mencatatkan sejarah Liga Indonesia sebagai pemain termuda yang debut di kompetisi teratas Indonesia pada usia 15 tahun tujuh bulan dua hari.

“Saat itu, Arkhan tampil sebagai pemain pengganti ketika Persis Solo kalah 1-3 di kandang Persib Bandung dalam pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 pada Selasa, 4 April 2023,” jelasnya.

Sebelum gabung di Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka pernah bermain di PSBK Blitar Youth
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News