Gus Yahya Masuk Daftar 500 Muslim Berpengaruh Dunia, Begini Kata PWNU Jatim

Selasa, 01 November 2022 – 09:34 WIB
Gus Yahya Masuk Daftar 500 Muslim Berpengaruh Dunia, Begini Kata PWNU Jatim    - JPNN.com Jatim
Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf, atau akrab disapa dengan Gus Yahya (tengah). Foto: Humas PWNU Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa dengan Gus Yahya masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023 bersama Jokowi dan nama-nama tokoh dunia lainnya.

Jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama atau PWNU Jatim memberikan pujian bagi Gus Yahya yang masuk dalam ranking ke-19. Adapun pada posisi pertama dalam daftar itu diduduki Raja Arab Saudi King Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud.

Sekretaris PWNU Jatim Prof Akh Muzakki mengatakan Gus Yahya sangat layak mendapatkan apresiasi bukan saja karena memimpin umat yang besar untuk ukuran organisasi massa.

"Beliau mempunyai pikiran-pikiran besar bukan saja untuk kebangsaan, tetapi juga kemanusiaan dan sekaligus peradaban dunia," ujar Muzakki, Senin (31/10).

Menurutnya, hasil itu merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman.

Rektor UINSA tersebut menambahkan seharusnya Gus Yahya lebih layak ditempatkan pada nomor yang lebih tinggi dari sisi tingkat pengaruhnya di tataran global.

"Gus Yahya yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang sebelumnya sudah masuk ke jajaran muslim berpengaruh dunia dalam kaitan pengelolaan organisasi," tuturnya.

Gus Yahya, kata dia, sejauh ini dinilai sejumlah kalangan, mewarisi ide KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mencintai kemanusiaan. 

PWNU Jatim nilai Gus Yahya memang layak masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News