Warga Sidoarjo Bikin Rugi PT Goto Gojek Tokopedia Rp2, 2 Miliar

Kamis, 07 September 2023 – 15:28 WIB
Warga Sidoarjo Bikin Rugi PT Goto Gojek Tokopedia Rp2, 2 Miliar - JPNN.com Jatim
Tersangka manipulasi data transaksi di aplikasi Go Food saat ditampilkan saat konferensi pers di Polda Jatim. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua warga Sidarjo berinsial HA dan BSW harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka seusai menipu PT Goto Gojek Tokopedia sebesar Rp2,2 miliar.

Wadireskrimsus Polda Jatim AKBP Arman menjelaskan kasus itu bermula saat PT Goto Gojek Tokopedia melakukan pemeriksaan transaksi.

Hasilnya, terdapat 107.066 transaksi mencurigkan yang dilakukan pada 1 Oktober 2022 hingga 15 Agustus 2023.

Arman menjelaskan untuk mengelabuhi PT Goto Gojek Tokopedia, kedua tersangka memanipulasi data transaksi dengan membuat merchant  hingga customer fiktif di aplikasi Go-Food.

“Jadi, mereka ini melakukan pemesanan ke merchat fiktif yang telah dibuat. Pesanan tersebut kemudian diantarkan oleh driver gojek kepada tersangka,” kata Arman saat konferensi pers, Kamis (7/9).

Setelah pesenan berhasil diantarkan, pada keesokan harinya, PT Goto Gojek Tokopedia melakukan pembayaran transaksi tersebut dengan memberikan voucher sebesar 20 persen dan potongan sebesar Rp 1.000 ke setiap transaksi rekening masing-masing tersangka.

“Selama Oktober 2022- Agustus 2023, mereka telah membuat sebanyak 95 akun dengan total transaksi sebanyak 107.066,” katanya.

Kedua tersangka mengaku hasil uang yang didapatkan itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

PT Goto Gojek Tokopedia rugi Rp 2 miliar lantaran transaksi fiktif dua warga Sidoarjo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News