Buronan Korupsi Dana Desa di Malang Diringkus, Rugikan Negara Ratusan Juta

Sabtu, 26 Agustus 2023 – 21:04 WIB
Buronan Korupsi Dana Desa di Malang Diringkus, Rugikan Negara Ratusan Juta - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana pada saat memberikan keterangan kepada media di Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Humas Polres Malang

jatim.jpnn.com, MALANG - Polres Malang menangkap buronan korupsi dana desa (DD) berinisial KMD yang ditengarai menyebabkan kerugian negara hingga mencapai Rp143 juta.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan tersangka menjadi buronan selama lima tahun dalam dugaan kasus korupsi dana desa dan alokasi dana desa (ADD) pada 2015.

"KMD diduga melakukan penyelewengan terhadap DD dan ADD saat menjabat sebagai kepala desa pada 2015," kata Kholis.

Kholis menjelaskan tersangka ditangkap tim Sat Reskrim Polres Malang tanpa perlawanan di kediamannya di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jumat (25/8) sekitar pukul 16.30 WIB.

Tersangka diduga melakukan tindak pidana korupsi terhadap DD dan ADD yang akan digunakan membangun infrastruktur jalan, balai dusun, dan mushola di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Berdasarkan laporan hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada 2017, KMD diduga telah menggunakan dana sebesar Rp143 juta untuk kepentingan pribadi.

"Dana tersebut seharusnya diperuntukkan bagi pembangunan masyarakat desa. Tindakan ini merugikan keuangan negara secara signifikan," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Malang AKP Wahyu Rizki menambahkan pada 2018, KMD ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Namun, pada saat proses penyelidikan, tersangka selalu mangkir dari panggilan polisi.

Buron lima tahun, tersangka kasus korupsi dana desa yang merugikan negara Rp143 juta ditangkap saat berada di Desa Kedungbanteng.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News