Beroperasi Setahun, Lokasi Pembuatan Pestisida Palsu di Blitar Digerebek Polisi

Minggu, 30 Juli 2023 – 13:03 WIB
Beroperasi Setahun, Lokasi Pembuatan Pestisida Palsu di Blitar Digerebek Polisi - JPNN.com Jatim
Gelar perkara kasus pestisida oplosan di Polres Blitar, Jawa Timur, Jumat (28/7). ANTARA/HO-Polres Blitar

jatim.jpnn.com, BLITAR - Polres Blitar mengungkap kasus penjualan pestisida palsu yang diramu dari campuran berbagai macam pestisida dengan air. 

Kasat Reskrim Polres Blitar AKP M Gananta mengatakan pengungkapan kasus itu bermula dari aduan masyarakat yang mengeluhkan obat pembasmi rumput liar yang dibelinya tak ampuh dipakai. 

Bukannya rumput mati, malahan bertambah subur saat dipakai. 

"Ada laporan masyarakat tentang tentang obat pembasmi rumput liar yang seharusnya untuk mematikan rumput ternyata malah membuat rumput subur,” kata Gananta di Blitar, Jumat (28/7).

Pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan mencurigai pestisida untuk pembasmi rumput tersebut palsu.

Akhirnya kasus itu terungkap setelah polisi menggerebek lokasi produksi pestisida oplosan di Desa Jeblog, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

Polisi kemudian meringkus satu pelaku berinisial MF (22), yang merupakan warga Desa/Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Blitar.

Modus yang dilakukan, pelaku membeli pestisida berbagai merek. Kemudian dicampur dengan bahan kimia lainnya serta air dan ditaruh kembali ke botol-botol.

Polres Blitar menangkap pelaku pembuat pestisida palsu yang dioplos menggunakan air lalu dijual dengan harga murah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News