Rutan Situbondo Razia Hunian Temukan Barang Mengejutkan, Ternyata

Selasa, 09 Mei 2023 – 11:06 WIB
Rutan Situbondo Razia Hunian Temukan Barang Mengejutkan, Ternyata - JPNN.com Jatim
Petugas Rutan Kelas IIB Situbondo menggeledah kamar dan warga binaan. Senin (8/5) malam, ANTARA/HO-Humas Rutan Situbondo

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Petugas Rutan Kelas IIB Situbondo menggeledah kamar hunian para narapidana secara mendadak pada Senin (8/5) malam. Dalam razia tersebut, ditemukan barang-barang berbahaya milik warga binaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan mengatakan razia itu dilakukan dalam upaya mendeteksi dini sekaligus upaya pemberantasan barang terlarang di lapas, seperti ponsel, narkoba, dan barang berbahaya lainnya.

"Razia ini atas perintah pimpinan kami untuk mengamankan sejumlah barang berbahaya seperti sikat gigi yang dimodifikasi, sendok aluminium, tongkat kayu, pisau cukur, dan korek api. Untuk narkoba dan ponsel tidak ada," kata Rudi.

Razia tersebut dilakukan secara serentak di seluruh rutan dan lapas se-Indonesia sesuai dengan instruksi pimpinan.

Nah, di Rutan Kelas IIB Situbondo menerjunkan 70 orang petugas untuk menggeledah masing-masing kamar warga binaan pemasyarakatan.

Untuk mencegah barang berbahaya, khususnya narkoba dan handphone ke dalam rutan, petugas melakukan sosialisasi kepada narapidana agar tidak melakukan pelanggaran dalam kesehariannya.

"Antisipasi lainnya kami juga melakukan skrining barang bawaan setiap pengunjung yang ingin besuk warga binaan," ujar Rudi.

Sebagai bentuk antisipasi penyalahgunaan narkoba dan barang terlarang sejenisnya, nomor ponsel petugas rutan diberikan kepada Polres Situbondo untuk melakukan penyadapan sebagai bentuk sinergitas memerangi kejahatan.

Rutan Situbondo menemukan barang berbahaya saat marazia kamar hunian narapidana.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News