Banyak Temuan Sajam dan Barang Terlarang di Lapas I Madiun, Lihat

Jumat, 01 April 2022 – 22:20 WIB
Banyak Temuan Sajam dan Barang Terlarang di Lapas I Madiun, Lihat - JPNN.com Jatim
Petugas mengamankan sejumlah senjata tajam dan barang-barang terlarang lainnya saat melakukan penggeledahan kamar narapidana dan tahanan di Lapas Kelas 1 Madiun guna mengantisipasi kerawanan jelang Ramadhan 1443 H. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Petugas Lapas Kelas I Madiun menemukan sejumlah senjata tajam (sajam) buatan dan telepon genggam saat menggeledah seluruh kamar narapidana pada Rabu (30/3) malam.

Kalapas Kelas I Madiun Kunrat Kasmiri mengatakan penggeledahan itu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di dalam lapas, terutama menyambut ramadan.

Dia tak menampik kalau para warga binaan rindu berkumpul bersama keluarganya sehingga potensi kerawanan akan terjadi. Adanya benda-benda berupa sajam berpotensi mengganggu keamanan.

"Oleh karena itu, kami mengambil langkah dengan razia agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kunrat tertulis, Jumat (1/4).

Selain sajam buatan, petugas juga menemukan barang terlarang lainnya, seperti kompor listrik, kabel, kipas angin, sendok logam hingga earphone.

Barang-barang tersebut memang dilarang karena bisa digunakan melakukan tindakan berisiko terhadap keselamatan para narapidana dan yang lainnya.

"Tugas kami membantu mengembalikan ke masyarakat dan keluarganya. Harapannya mereka ini mampu berkontribusi, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, bangsa, dan negara," tuturnya.

Razia rutin telah dilakukan petugas internal lapas seminggu sekali untuk mewujudkan lepas yang bersih. Temuan itu akan menjadi evaluasi, juga tak menutup kemungkinan juga akan mendesain kembali sistem pengamanan di lapasnya.

Petugas menemukan banyak senjata tajam (sajam) buatan dan barang terlarang lainnya milik narapidana di dalam kamar Lapas I Madiun.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News