Kasus Penggelapan BBM, Meratus Line Punya Utang Rp 50 Miliar Belum Dibayarkan

Sabtu, 15 Oktober 2022 – 12:45 WIB
Kasus Penggelapan BBM, Meratus Line Punya Utang Rp 50 Miliar Belum Dibayarkan - JPNN.com Jatim
Petikemas milik PT Meratus Line terlihat di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. (ANTARA/Hanif Nashrullah)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT Meratus Line punya kewajiban membayar utang Rp 50 miliar kepada perusahaan penyuplai BBM PT Bahana Line dan Bahana Ocean Line.

Hal itu berdasarkan putusan perkara penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Awalnya, PN Surabaya menjatuhkan putusan dengan nomor: 26/PDT.SUS-PKPU/2022/PN NIAGA SBY tertanggal 30 Mei 2022, yang memvonis PT Meratus Line dalam keadaan PKPU sementara selama 45 hari.

Namun, PT Meratus Line tak mematuhinya. PN Surabaya pun kembali menjatuhkan putusan 26/PDT.SUS-PKPU/2022/PN NIAGA SBY tertanggal 14 Juli 2022, yang menyatakan Meratus dalam keadaan PKPU tetap selama 120 hari.

“Sampai saat ini kami masih menunggu itikad baik pembayaran utang dari Meratus,” ujar Kuasa Hukum PT Bahana Line Syaiful Ma’arif, Jumat (14/10).

Dalam perkara lain yang masih berkaitan, Meratus melaporkan pidana sejumlah karyawannya yang diduga melakukan penggelapan BBM yang dipesan PT Bahana Line dan Bahana Ocean Line saat mengisi ke kapal-kapalnya.

Laporan yang diterima Polda Jatim pada 9 Februari itu telah menetapkan 17 tersangka yang semuanya karyawan Meratus. Kasus itu masih P19 saat dilimpahkan ke Kejati Jatim pada 24 Agustus 2022.

Polda Jatim melengkapi penyidikan dengan menyita tongkang PT Bahana Line  san Bahana Ocean Line yang mengisi BBM terhadap kapal-kapal Meratus.

PT Meratus Line memiliki utang sebesar Rp 50 Miliar kepada PT Bahana Line dan Bahana Ocean Line terkait kasus penggelapan BBM.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News