Konon Pimpinan DPRD Tulungagung Minta 'Uang Ketok Palu', Jumlahnya Wow

Rabu, 03 Agustus 2022 – 22:43 WIB
Konon Pimpinan DPRD Tulungagung Minta 'Uang Ketok Palu', Jumlahnya Wow - JPNN.com Jatim
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPRD Tulungagung Adib Makarim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - KPK membeberkan konstruksi perkara yang menjerat tiga Wakil Ketua DPRD Tulungagung yang juga merangkap sebagai Wakil Ketua Anggaran periode 2014-2019.

Sebelumnya, KPK menetapkan tiga orang tersebut sebagai tersangka suap ihwal pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan APBD-P Kabupaten Tulungagung.

Ketiganya ialah Wakil Ketua DPRD Tulungagung Adib Makarim (AM), anggota DPRD Tulungagung Imam Khambali (IK), dan mantan Wakil Ketua DPRD Tulungagung Agus Budiarto (AG).

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengungkapkan kasus tersebut juga berkaitan dengan korupsi mantan Ketua DPRD Tulungagung Supiryono dan eks Bupati Tulungagung Syahri Mulyo yang lebih dahulu menjadi terpidana.

"Sekitar September 2014, Supriyono bersama dengan AM, AG, dan IK melakukan rapat pembahasan RAPBD TA 2015," katanya, Rabu (3/8).

Pembahasan tersebut terjadi 'deadlock' dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Tulungagung. Akibatnya, Supriyono bersama AM, AG dan IK bertemu dengan perwakilan TAPD.

KPK menduga dalam pertemuan tersebut, Supriyono, AM, AG, dan IM berinisiatif untuk meminta sejumlah uang agar proses pengesahan RAPBD TA 2015 menjadi APBD dapat segera disahkan dengan istilah "uang ketok palu".

"Adapun nominal permintaan 'uang ketok palu' yang diminta Supriyono, AM, AG, dan IK tersebut diduga senilai Rp 1 miliar," ujarnya.

KPK membeberkan konstruksi perkara suap yang menjerat tiga Wakil Ketua DPRD Tulungagung pada periode lalu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News