Prabowo Hadapi Tantangan Besar Kelola Defisit Anggaran, Pakar Hukum Sarankan Ini

Sabtu, 26 Oktober 2024 – 13:37 WIB
Prabowo Hadapi Tantangan Besar Kelola Defisit Anggaran, Pakar Hukum Sarankan Ini - JPNN.com Jatim
Pengamat Hukum dan pegiat antikorupsi, Hardjuno Wiwoho menilai pemerintahan Presiden Prabowo Subianto menghadapi tantangan besar dalam mengelola defisit anggaran yang diproyeksikan mencapai Rp 616 triliun pada tahun 2025. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Indonesia mengalami defisit anggaran mencapai Rp616 triliun pada 2025. Hal itu merupakan dampak langsung dari kebijakan fiskal agresif yang dilakukan pemerintahan sebelumnya, terutama di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melihat hal itu, Pengamat Hukum dan pegiat antikorupsi Hardjuno Wiwoho menilai pemerintahan yang baru era Presiden Prabowo mengalami tantangan besar dalam mengelola defisit anggaran.

Guna menghadapi tantangan tersebut, pemerintahan Prabowo harus menyeimbangkan antara pembiayaan defisit dengan kebutuhan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan melindungi kepentingan rakyat.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memastikan investasi di sektor produktif yang memiliki dampak jangka panjang bagi ekonomi nasional, sembari menjaga efisiensi belanja negara.

“Dengan mengurangi risiko korupsi dan kebocoran anggaran serta mengarahkan utang pada sektor-sektor yang produktif, saya percaya pemerintahan Prabowo mampu mengelola defisit ini dengan lebih baik, meskipun tantangan yang diwariskan cukup berat," kata Hardjuno.

Hardjuno menyarankan pengelolaan defisit ini memerlukan kebijakan fiskal yang disiplin dan berhati-hati, serta reformasi struktural dalam pengelolaan utang.

"Pemerintahan Prabowo harus lebih fokus pada efisiensi dan memastikan bahwa utang digunakan untuk kepentingan rakyat secara luas, bukan hanya untuk melanjutkan proyek-proyek yang bersifat jangka pendek," jelasnya.

Meski demikian, Hardjuno optimis bahwa pemerintahan Prabowo bisa menghadapi situasi ini.

Pengamat Hukum dan pegiat antikorupsi, Hardjuno Wiwoho menilai pemerintahan Presiden Prabowo menghadapi tantangan besar dalam mengelola defisit anggaran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News