Program Semangat Jadi Klinik Konsultasi Online Inspektorat dengan OPD

Senin, 14 Oktober 2024 – 21:00 WIB
Program Semangat Jadi Klinik Konsultasi Online Inspektorat dengan OPD - JPNN.com Jatim
Kepala Inspektorat Jatim Hendro Gunawan. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Program Semangat yang digagas Inspektorat Jawa Timur terbukti menjadi salah satu solusi menyelesaikan masalah yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Jatim.

Program Semangat adalah Cari Solusi Bersama-sama dengan Inspektorat. Sejak diluncurkan pada pertengahan 2024, sebanyak 25 OPD Pemprov Jatim telah memanfaatkan layanan klinik konsultasi online untuk memecahkan masalah.

"Total jumlah konsultasi sebanyak 73 pertanyaan yang dikonsultasikan oleh 36 orang dari 25 OPD yang tersebar di lingkungan Pemprov Jatim," kata Kepala Inspektorat Jatim Hendro Gunawan, Senin (13/10).

Hendro menjelaskan program itu diluncurkan untuk menciptakan pemerintahan yang baik, menekankan pada penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, dan partisipatif di lingkungan Pemprov Jatim.

"Program Semangat sebagai implementasi dari fungsi pembinaan yang dilakukan Inspektorat Jatim pada entitas pengawasan di Jawa Timur,” ujar dia.

Menurutnya, terobosan baru itu membuat permasalahan yang dihadapi OPD segera terselesaikan dengan mencari solusi bersama-sama sehingga dapat ditangani dan kepercayaan masyarakat lebih meningkat kepada Pemprov Jatim.

“Semangat merupakan klinik konsultasi online, tujuannya untuk memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi OPD tanpa harus datang langsung ke Inspektorat,” jelasnya.

Hendro mengatakan adanya program tersebut, OPD bermasalah dan membutuhkan solusi bisa berkonsultasi melalui media sosial atau WhatsApp. Dia optimistis, petugas di lapangan akan cepat melakukan penanganan dan memberikan solusi di hari yang sama.

Program Semangat menjadi jembatan komunikasi antara Inspektorat dengan OPD di Pemprov Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News