Ratusan Siswa & Guru SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Upacara HUT RI di Atas Kapal

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 13:02 WIB
Ratusan Siswa & Guru SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Upacara HUT RI di Atas Kapal - JPNN.com Jatim
Pasuka pengibar bendera SMP Muhammadiyah 2 Surabaya membentangkan bendera Merah Putih saat upacara HUT ke-79 RI di atas KMP Jokotole di Selat Madura, Sabtu (17/8). ANTARA/Didik Suhartono.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - 250 siswa dan guru SMP Muhammadiyah 2 Surabaya melaksanakan upacara bendera memperingati HUT ke-79 RI di atas kapal motor penyeberangan (KMP) Jokotole yang berhenti di Selat Madura, Sabtu (17/8).

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Ida Indahwati Waliulu mengatakan pelaksanaan upacara tepat berada di bawah Jembatan Suramadu itu untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan antarsiswa.

"Selain itu, untuk memberi pengalaman yang berkesan bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Surabaya dengan melaksanakan upacara di atas kapal dan di tengah Selat Madura," kata Ida.

Sementara itu, Humas SMP Muhammadiyah 2 Surabaya Yunan Imannu mengatakan proses pelaksanaan upacara dimulai dari kedatangan peserta di Pelabuhan Ujung pukul 06.30-07.00 WIB, dilanjutkan proses masuk ke KMP Jokotole dari pukul 07.00-08.00 WIB.

"Kapal berlayar menuju lokasi upacara di bawah jembatan Suramadu pukul 08.00-09.00 WIB. Upacara bendera berlangsung hingga pukul 10.00 WIB. Setelah itu, peserta kembali menuju pelabuhan ujung untuk pulang," jelasnya.

Adapun kendala yang dihadapi oleh para siswa, seperti rasa mabuk laut bagi peserta maupun pasukan pengibar bendera yang jarang naik kapal.

"Saat pengibaran bendera posisinya berada di dek atas kapal dan itu juga terpengaruh arah angin. Meskipun demikian, para peserta tetap semangat dalam melaksanakan upacara di tengah Selat Madura," ujarnya.

Tak hanya itu, penyelenggaraan upacara bendera, kata Yunan, tidak hanya sebagai acara formal, tetapi sebagai momen bersejarah dalam mendidik generasi muda tentang pentingnya menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan semangat patriotisme.

Siswa dan guru SMP Muhammadiyah 2 Surabaya melaksanakan upacara HUT ke-79 RI di atas kapal di Selat Madura.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News