Mengintip Pelaksanakan Upacara HUT ke-79 RI Warga Pabian Sumenep di Sungai

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 10:22 WIB
Mengintip Pelaksanakan Upacara HUT ke-79 RI Warga Pabian Sumenep di Sungai - JPNN.com Jatim
Warga Dusun Pabian Tengah, Desa Pabian, Kecamatan Kota, Sumenep, melaksanakan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Sungai Marengan, Sabtu (17/8). (ANTARA/Slamet Hidayat)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Warga Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep melaksanakan upacara bendera memperingati Hut ke-79 RI di Sungai Marengan, Sabtu (17/8).

Seluruh rangkaian upacara, mulai dari pengibaran bendera, pembacaan teks Proklamasi, Pancasila, UUD 1945, penyampaian amanat inspektur upacara, dan pembacaan doa dilakukan di sungai.

"Sebagian warga kami memang ingin berupacara untuk Hari Kemerdekaan di sungai. Ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu," ujar Kepala Desa Pabian Zulfikar Ali Mustakim.

Seluruh peserta harus berbasah-basahan selama mengikuti rangkaian upacara di sungai dengan ketinggian air selutut orang dewasa.

Zulfikar mengatakan tiga hari sebelum pelaksanaan upacara, warga Rt 04 RW 02 Dusun Pabian Tengah, Desa Pabian bergotong royong membersihkan areal sungai yang akan dijadikan lokasi upacara.

Bersih-bersih di lokasi upacara itu untuk memastikan tak ada benda/barang berbahaya, karena para peserta tak menggunakan alas kaki selama pelaksanaan upacara.

"Kami mendukung penuh keinginan warga, karena melaksanakan upacara di sungai tak seberat pengorbanan para pejuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, warga juga diingatkan untuk senantiasa menjaga kebersihan Sungai Marengan dan tak menjadikan sungai tersebut sebagai tempat pembuangan sampah terpanjang di Sumenep. (antara/mcr12/jpnn)

Warga Pabian Sumenep melaksanakan upacara bendera HUT ke-79 RI di sungai setinggi lutut orang dewasa.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News