Dindik Jatim Profiling Kompetensi Para Kacabdin untuk Siapkan SDM Unggul

Rabu, 24 Juli 2024 – 11:06 WIB
Dindik Jatim Profiling Kompetensi Para Kacabdin untuk Siapkan SDM Unggul - JPNN.com Jatim
Para kepala cabang dinas saat mengikuti profiling yang digelar Dinas Pendidikan Jatim. Foto: Dok. Dinas Pendidikan Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim melakukan profiling kompetensi kepada kepala cabang dinas (kacabdin). Hal itu dilakukan untuk mendorong mereka meningkatkan kualitas pendidik di wilayah masing-masing.

"Adanya profiling kompetensi ini sebagai dasar untuk melihat potensi dari 23 kepala cabang dinas pendidikan wilayah," kata Kepala Dindik Jatim Aries Agung Paewai, Selasa (23/7).

Selain itu, bertujuan mencari potensi-potensi aparatur sipil negara atau ASN yang kapabel untuk memimpin di wilayah cabang dinas dengan permasalahan sangat kompleks.

Permasalahan kompleks yang kerap dihadapi kacabdin di wilayah, kata Aries, terkait koordinasi dengan kepala sekolah, pemerintah daerah, dan instansi vertikal lainnya.

Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana kacabdin tersebut memiliki visi dan inovasi serta kreativitas di saat menjadi pemimpin di wilayah.

Menurut Pj Wali Kota Batu itu, hal tersebut harus dimiliki oleh setiap kacabdin agar mereka bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.

"Program-program sekolah dan kurikulum pendidikan dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku, termasuk bagaimana menggerakkan guru agar lebih kreatif dalam mewujudkan kurikulum merdeka belajar," tuturnya.

Aries menjelaskan secara teknis profiling kompetensi itu dilaksanakan melalui mekanisme evaluasi yang objektif dan berbasis data.

Mekanisme itu digunakan untuk menilai kinerja kepala cabang untuk memberikan gambaran yang akurat mengenai kemampuan dan kontribusi selama menjalankan tugas.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Jatim Ety Prawesti menambahkan dalam profiling kompetensi ini, pihaknya menggunakan berbagai metode evaluasi yang objektif dan terpercaya.

"Tim penilai telah disiapkan untuk menjalankan tugas dengan integritas penuh dan profesional, sehingga hasil evaluasi ini benar-benar mencerminkan kondisi yang sebenarnya," jelas Ety. (mcr12/jpnn)

Demi SDM Unggul, Dindik Jatim profiling kompetensi para kacabdin di masing-masing wilayah.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News